Sabtu, 31 Oktober 2009

ANALISIS PERGERAKAN HARGA SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIK

Pada perusahaan Sunson Textile Manufacture, saham yang diperdagangkan dapat dikatakan tidak aktif lagi. Dikatakan demikian karena volume saham yang diperdagangkan setiap bulan sebagian besar bernominal nol (0). Dapat juga dilihat dalam grafik high-low-closing price yang memiliki kesamaan dan hal ini berarti perusahaan sudah tidak aktif lagi dalam memperjual-belikan sahamnya karena pembeli pun pasti tidak akan mau membeli saham yang sudah tidak terlalu aktif lagi dan tidak menguntungkan. Kepasifan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah penjualan perusahaan Sunson Textile diprediksi turun pada tahun 2009 sebesar 12,47% menjadi Rp 480,3 miliar dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 540,2 miliar. Penurunan penjualan ini disebabkan oleh peningkatan harga bahan baku, produk China yang mendapat subsidi dari pemerintahnya sebesar 15%, dan adanya fluktuasi mata uang. Berdasarkan grafik yang telah dibuat, pada tanggal 27 Maret 2008 dan 18 April 2008, perusahaan memiliki volume tertinggi yang berarti banyaknya transaksi jual-beli pada tanggal tersebut yang diperdagangkan mengalami peningkatan karena pada tanggal-tanggal sebelumnya, perusahaan ini sebagian besar tidak melakukan transaksi jual-beli saham lagi, sehingga volumenya nol (0).
Kemudian dapat dilihat juga bahwa nilai tertinggi terdapat pada tanggal 3 Januari 2008 sampai dengan 26 Maret 2008. Hal ini berarti kondisi perusahaan saat itu masih cukup stabil dan belum mengalami penurunan harga, namun harga saham perusahaan ini tidak cukup menarik pembeli untuk membeli saham perusahaan ini. Hal ini dapat disebabkan karena pembeli melihat bahwa saham perusahaan ini sudah tidak bergerak dengan baik, sehingga terlalu berisiko jika membeli saham seperti ini.
Lalu pada grafik, dapat dilihat juga bahwa grafik mengalami penurunan yang cukup signifikan, sehingga dapat dikatakan bahwa saham pada perusahaan ini termasuk saham yang mengerikan karena tidak stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar