Sabtu, 31 Oktober 2009

ANALISIS HASIL PERHITUNGAN NILAI TERTINGGI, RERATA, DAN STANDAR DEVIASI

Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, perusahaan Sunson Textile memiliki nilai tertinggi sebesar Rp 390,-. Hal ini berarti harga saham tertinggi pada perusahaan ini yang dijual ke public adalah sebesar Rp 390,- / lembar saham. Namun, pada harga tersebut pembeli hanya berminat membeli 1 (satu) lembar saham saja. Hal ini dapat disebabkan oleh kepercayaan pembeli saham pada perusahaan ini yang sudah minim sekali dan para pembeli saham tidak ingin mengambil risiko yang sangat tinggi. Demikian juga nilai tertinggi pada kolom low dan close memiliki nilai sebesar Rp 390,-. Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa harga saham tidak mengalami pergerakan high-low-close, maka disebut saham yang sudah pasif.
Jika dilihat dari nilai terendah pada kolom high-low-close, harga saham perusahaan ini memiliki nilai yang sama, yaitu sebesar Rp 245,-. Penurunan harga ini sangat signifikan dan menunjukkan adanya kerugian yang dialami oleh perusahaan. Kerugian ini dapat disebabkan oleh banyaknya textile China yang masuk ke Indonesia dan memliliki harga yang lebih murah. Kemudian volume pembelian terendah adalah 0 (nol), ini berarti saham perusahaan ini tidak laku dijual. Saham perusahaan ini menjadi tidak laku dijual dapat disebabkan melemahnya kondisi perusahaan.
Berdasarkan perhitungan rerata pada high-low-close, didapatkan nilai sebesar Rp 272,869 pada perhitungan rerata high dan close, namun pada perhitungan low reratanya adalah Rp 272,8571. Hal ini berarti berdasarkan perhitungan, rerata harga saham perusahaan ini dapat dikatakan sama pada high-low-close. Kemudian jika dihubungkan pada volume reratanya, pada harga kisaran tersebut, dalam satu hari yang membeli saham perusahaan ini sebesar 8 orang. Hal ini menunjukkan minat pembeli sangat kecil terhadap perusahaan textile ini. Mereka dapat dikatakan sudah tidak memandang perusahaan ini sebagai perusahaan yang dapat memberi keuntungan yang besar.
Selanjutnya, jika dilihat dari perhitungan standar deviasi yang telah dilakukan, hasil perhitungan standar deviasi pada high dan close sama persis, yaitu sebesar 44,99583. Sedangkan pada low nya \sebesar 272,8571, hal ini berarti hanya terdapat selisih sangat kecil dengan high dan close nya. Kemudian pada volume, standar deviasinya sebesar 88,10431. Standar deviasi menunjukkan seberapa jauh kemungkinan nilai yang diperoleh menyimpang dari nilai yang diharapkan (expected value). Semakin besar nilai standar deviasi, semakin besar kemungkinan nilai riil menyimpang dari yang diharapkan, yang berarti semakin tinggi risikonya. Oleh karena standar deviasi pada perhitungan harga saham perusahaan ini semakin besar, maka dapat dikatakan risiko dalam membeli saham ini sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar