Kamis, 27 Agustus 2009

Definisi Jasa

JASA
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalam ilmu ekonomi, jasa adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Definisi
Banyak ahli yang mendefinisikan "jasa" diantaranya adalah :
Phillip Kotler
Adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.
Adrian Payne
Adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau rnanfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.
Christian Gronross
Adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya (namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyedia jasa, yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan". Interaksi antara penyedia jasa dan pelanggan kerapkali terjadi dalam jasa, sekalipun pihak-pihak yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. Selain itu, dimungkinkan ada situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa.
Karakteristik Jasa
Seringkali dikatakan bahwa jasa memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari barang atau produk –produk manufaktur. Empat karakteristik yang paling sering dijumpai dalam jasa dan pembeda dari barang pada umumnya adalah (Payne, 2001:9):
1.Tidak berwujud
Jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud, berarti jasa tidak dapat dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh seperti yang dapat dirasakan dari suatu barang.
2.Heteregonitas
Jasa merupakan variabel non – standar dan sangat bervariasi. Artinya, karena jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan oleh interaksi manusia (karyawan dan konsumen) dengan segala perbedaan harapan dan persepsi yang menyertai interaksi tersebut.
3.Tidak dapat dipisahkan
Jasa umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam proses produksi tersebut.
4.Tidak tahan lama
Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa dimana ia membeli jasa.
Bisnis Jasa
Contoh dari bisnis jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah:
1. Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankan
2. Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan dan perbaikan
3. Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi
4. Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan
5. Administrasi umum: pendidikan, pemerintah.

Alasan Pemilihan Judul

ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Kami memilih judul di atas karena “jasa” memiliki lingkup jenis pekerjaan yang sangat luas. Kita sadari bahwa di zaman sekarang ini banyak pengusaha yang berkecimpung di dunia bisnis jenis “jasa”. Kemudian bisnis dibidang ”jasa” menurut kami sangat menarik, karena tanpa harus menyimpan persediaan barang dagangan yang memiliki batas waktu pemakaian terbatas, kita sudah dapat menjalankan usaha dengan keuntungan yang tidak sedikit pula. Otomatis hal ini meminimalisir risiko kerugian dalam berbisnis, meskipun demikian bisnis dibidang ”jasa” juga memiliki risiko yang tidak kecil tergantung bagaimana keahlian kita dalam menghadapi semua risiko yang akan terjadi. Selain itu, hal yang menarik bisnis di bidang “jasa” adalah meskipun ada berbagai macam jenis pekerjaan, namun hasil yang akan dicapai oleh setiap perusahaan akan berbeda-beda karena hal ini tergantung pada interaksi yang ada antara karyawan dan konsumen.

All About Our Team

ALL ABOUT OUR TEAM




Agus Setiawan (EM/17286)
Hobby : play basketball
Makanan Fav : nasi goreng
SMA : Regina Pacis Solo
Pelajaran Fav : olahraga
Film Fav : Harry Potter
Cita-Cita : bussinesman
Tempat/Tanggal Lahir : 07 Agustus 1989/Solo




Ridwan Santika (EM/17499)
Hobby : play football
Makanan Fav : mie goreng
SMA : Santo Joseph
Pelajaran Fav : olahraga
Film Fav : Tom & Jerry
Cita-Cita : richman
Tempat/Tanggal Lahir : 08 Juni 1988/Bali





Jonathan Willy. B. (EM/17288)
Hobby : play piano
Makanan Fav : nasi goreng
SMA : YSKI Semarang
Pelajaran Fav : Bahasa Indonesia
Film Fav : Spongebob Square Pants
Cita-Cita : Bussinesman
Tempat/Tanggal Lahir : 28 Desember 1990/Jepara




Trixie Aristiani Santosa (EA/17116)
Hobby : play badminton
Makanan Fav : nasi liwet
SMA : SMA Kristen Kalam Kudus Solo
Pelajaran Fav : Chinese lesson
Film Fav : Korean drama series
Cita-Cita : bussineswoman
Tempat/Tanggal Lahir : 30 Juni 1990/Solo